a Little Notes

Ikon

TUlisan dan Contekan

Berapa SIh Jumlah Guru di Indonesia ?

Iseng aja dan pengen tau data statistik jumlah guru dan sekolah yang ada di Indonesia. Sekilas saya liat jumlah guru paling banyak berada di Jawa Timur (>200.000 guru) dan yang paling sedikit didaerah Irian Jaya.barat (<600 guru) (http://nign.jardiknas.org/cont/data_statistik/index.php). sumber: http://nign.jardiknas.org/cont/data_statistik/index.php

Kenapa bisa begitu ya ? kok pada seneng untel-untelan di pulau jawa ? kapan bisa pinter daerah2 pelosoknya. Gmn nih pemerataan pendidikan di Indonesia ? Lah wong pertumbuhan sekolah aja banyak yang tidak merata.

Iklan

Filed under: Uncategorized

9 Responses

  1. Humvee berkata:

    WAHAI PEMDA… jangan nomor duakan pendidikan, pembangunan tanpa pendidikan tidak akan terarah…

  2. Sawali Tuhusetya berkata:

    yah, jumlah guru di jawa dan luar jawa memang sangat tidak seimbang, bahkan juga pada tingkat kompetensinya. kalo mau dicari akar penyebabnya memang agak sulit. banyak cpns yang minta ditempatkan yang dekat2 saja dengan rumah tinggalnya. ironisnya, orang yang mempunyai otoritas untuk menentukan kebijakan sering tak tahan godaan dengan iming2 dhuwit. repot juga!

  3. Doansi Tarihoran berkata:

    Jumlah guru2 di Jawa sangat banyak memang wajar, wong sekolah-sekolah di Jawa juga sangat banyak, mungkin kita butuh data perbandingan antara jumlah siswa dan jumlah guru, menurut saya satu guru sebaiknya mewakili maksimum 20 siswa, artinya satu sekolah yang punya 1000 murid maka harus punya 50 guru. Belum lagi kelengkapan guru2 mata pelajaran, di daerah2 masih banyak guru IPA yang latar belakang pendidikannya bukan IPA, bahkan ada guru IPA yang latar belakangnya ilmu sosial, semua ini terjadi karena penyebaran guru2 mata pelajaran yang tidak merata. Sebenarnya guru di Indonesia cukup banyak, dan satu lagi, belum semua guru terdaftar di http://nign.jardiknas.org/cont/data_statistik/index.php, terutama guru2 di pelosok sana.

  4. Bobo berkata:

    Sulit amat ya cari data guru di Indonesia yang PNS berapa, GTY berapa, GTT berapa, Guru bantu.
    Mengapa sudah ada teknologi dunia maya pendataan masih sulit. SDMnya bagaimana ini. Jika ada yang peduli dan mau mendata guru, karyawan, dll tentu ada pendanaannya dari mana dana itu bisa diadakan? Rapel kenaikan gaji tahun 2009 sampai sekarang hanya dijanjikan melulu? Belum lagi transport pengawasan, dana rutin ada juga yang gak keluar. lalu bagaimana ya caranya meningkatkan kinerja staf yang ada di dinas pendidikan.

    • oneeee berkata:

      emang sih sulit bener mencari jumlah data guru,ngak tau sih slh nya di mana,kl bisa kedepan ditunjuk badan yg khusus memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang info tentang pendidikan(guru,murid,sekolah)

  5. wawan berkata:

    kalo jumlah guru setiap daerah berbeda itu wajar penduduk setiap daerah kan jumlahnya ga sama yang penting adalah kwalitasnya mesti sama jadi kesempatan untuk berprestasi bisa merata

  6. Nurdin Kurniawan berkata:

    Tepatnya berapa sih PNS-Guru di negara ini? dari dulu selalu kekuranbgan guru,pantas kalau pendidikan tdk maju-maju.

  7. etik berkata:

    ya.. memang perlu adanya pemerataan guru di indonesia, karena semua anak bangsa berhak mendapat pendidikan yang layak tanpa terkecuali. namun nampaknya masih sangat sedikit guru yang berjiwa sosial tingginyang bersedia mengabdikan hidupnya dengan mengajar di daerah terpencil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: