a Little Notes

Ikon

TUlisan dan Contekan

LTSP untuk warnet

LTSP cukup tangguh untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai warnet maupun lab sekolah. Keuntungan penggunaan LTSP yang paling utama adalah dari sisi harga dimana kita dapat menghemat biaya pembelian perangkat komputer untuk client.

Pembangunan warnet LTSP berbasis linux yang saya bangun menggunakan client kelas Pentium II (IBM) sebanyak 12 Client dengan spesifikasi sbb :

– P.II 450 Mhz
– Lan Card On Board (PXE Boot)
– Mon 15 ” D 2nd
– Key + Mouse

Sedangkan untuk server saya menggunakan spesisikasi :
– DIstro PCLinux OS (BigDaddy)
– AMD ATHLON (AM2) 3200 (64Bit)
– 1 GB DDR2 Kingstone Memory
– 130 GB Sata Drive (WDC)
– CD Rom 52X
– DVD RW

Berikut ini kelebihan warnet dengan menggunakan linux (LTSP) :
1. Pengadaan perangkat jauh lebih murah (40% lebih hemat)
2. Hemat Listrik (Tanpa Harddisk, CD)
3. Tidak Berisik (Tanpa harddisk)
4. Booting PC Client cepat (20 Detik Sap Pakai)
5. Jarang Masalah dengan Virus

Selain kelebihan-kelebihan yang saya saya rasakan, ada juga kendala2 apa bila kita menggunakan Linux ( versi LTSP) untuk warnet, antara lain :
1. Billing yang susah, kalaupun ada installasinya cukup bikin pusing dan Stress (saya menggunakan billing basis web (PHP, MYSQL)
2. Banyak yang belum terbiasa dengan Linux (Persiapan SDM warnet sangat berperan apabila ada user yang mengalami masalah atau bertanya soal teknis)
3. USB Drive belum bisa disetiap client, saya belum berhasil setup server LTSP untuk hal ini. Dari beberapa keterangan yang saya dapat hal ini terjadi karena server LTSP menggunakan prosesor 64 Bit dan LTSP Loca_Dev belum mensupportnya.
warnet

Filed under: LinuX

14 Responses

  1. cipung berkata:

    billingnya pake cclfox aja mas, aku udah pake dan lumayan kok, di warnetku juga pake pclinuxos dan ltsp 4.2 lho mas…local device juga bisa, cuman kendalanya kalo user pake flashdisk berupa mp3 player pasti gak kedetect, padahal dipake mmc dari card reader bisa lho…..

    • Heri berkata:

      mas cipung. aku mau belajar install pclinuxos LTSP tapi aku ngikutin tutorial yg di web2 kok ga bs2 ya, bs bantu ga mas. aku pake pcinuxos 2009

      Makasih,
      Heri-Jakarta 0813 8085 5550

      • itsnen berkata:

        coba pakai distro ubuntu mas,menurut saya lebih mudah juga banyak panduannya. karena ubuntu banyak yang support.

  2. h4ndr1 berkata:

    Wah mas cipung boleh dong bagi tutorialnya cara install dsb sampe bisa pake flash disk di client. aku tg looo

  3. cipung berkata:

    andai aku punya server seperti punya sampeyan…..untuk kendala nomor 2…coba install gnome mas…theme default dari pclinuxos miirip winxp….

  4. cipung berkata:

    andai aku punya server seperti punya sampeyan…..untuk kendala nomor 2…coba install gnome mas…theme default dari pclinuxos miirip winxp….
    oh ya emailnya udah tak bales

  5. Muhammad Husain Fadhiil berkata:

    Assalamu’alaikum

    Mas warnet aq udah jalan, tapi kurang efektif, rencananya sih mau cobain kaya pun pian cuma ga tau caranya, abis programnya juga ga ada tolong solusinya dong. thank banget.
    Jazakumullah Khaitron Katsiron

  6. indra berkata:

    spesisikasi servernya biasa aja tuh…spesisikasi server yg anda gunakan sekarang,kalo di jogja udah ngg jaman tuh!!!!apalagi kalo kompi user nya pake PII wah kasian tuh usernya,kalo didaerah Q semua warnet pada umumnya minimal kompi usernya celeron 2.88 Ghz,monitor mesti wajib LCD,trus pake windows,kalo pake linux ya siap” aja di cemooh n ditinggal baik dengan omongan” yg ngg jelasss!!!
    server biasanya udah pake P4 dual core.Spek server yg anda gunakan :
    AMD ATHLON (AM2) 3200 (64Bit)
    – 1 GB DDR2 Kingstone Memory
    – 130 GB Sata Drive (WDC)
    di daerah Q spesisikasi yg diatas bt kompi game aja neh!!!

  7. Ogic_moko berkata:

    Pak Handry klo gwa mau minta tolong di set’in untuk warnet kaya
    punya situ di Boyolali bisa gak ?

    Klo boleh email saya di intelpentium_4@yahoo.co.id

    thank’s alot
    kriwil

  8. h4ndr1 berkata:

    Bisa Dunk pak moko, maen ke warnet sy aja ditembalang 🙂

  9. eko berkata:

    maju terus LTSP …
    billing basis web (PHP, MYSQL) <— boleh donk di publikasi source nya berbagi rasa dan duka mas 😉

  10. h4ndr1 berkata:

    Huehueheu, anda suka juga dengan konsep LTSP ya ? Sekarang sy tidak pk billing basis web mas, tapi pake CCL

  11. nifeto berkata:

    Mas yang ada di foto itu warnetnya mas ya?
    ngomong-ngomong kok sekarang pakek windows ya mas?

  12. aaN berkata:

    hehe
    MiniWarnet WongWates Juga Menggunakan LTSP
    Distro : Zencafe 1.4
    Billing : CCL

    Flashdisk udah bisa di client

    Desktop Sudah Mirip Windows

    Bebas Virus

Tinggalkan Balasan

